Bahan yang Membentuk GRC

Bahan yang Membentuk GRC

Material bahan pembangunan rumah dan hunian lainnya senantiasa mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Berbeda dengan abad-abad terdahulu, di mana pembuatan bangunan sangat bergantung dari kayu. Masyarakat saat ini memiliki banyak pilihan untuk pembuatan rumah idaman dengan bahan yang relatif murah dan kuat. Inovasi ini tercipta karena semakin mahal dan langkanya kayu sebagai bahan yang mendominasi pembangunan rumah atau gedung. Dengan semakin banyaknya alternatif pengganti kayu, masyarakat dimudahkan dalam memilih bahan bangunan yang murah dengan tetap menjaga keindahan di dalamnya.  Alternatif tersebut meliputi hampir seluruh struktur bangunan dari baja ringan, aluminium, fiber, dan GFRC.

GFRC atau GRC merupakan bahan bangunan berbahan beton yang ringan. Material yang diciptakan tahun 1960 ini terus diminati banyak masyarakat karena keunggulan yang tidak dimiliki material berbahan kayu. Keunggulan material ini antara lain ringan, kuat, tahan korosi, anti rayap, anti rembesan, anti bocor, anti panas, dan halus. Berbagai keunggulan inilah yang memikat banyak pihak memilih bahan ini untuk mempercantik sekaligus memperkuat bagian-bagian banguan.

Ini Bahan yang Membentuk GRC

GRC atau GFRC (Glass-fibre Reinforced Concrete) adalah material pabrikasi ringan dan kokoh sebagai alternatif pengganti kayu. Material ini berbahan dasar beton berserat yang dilapisi akrilik sehingga tidak hanya kuat, melainkan juga halus dan anti bocor. Penggunaan material ini pada bangunan dan hunian sangat luas, seluas penggunaan kayu. Antara lain digunakan untuk plafon, lisplang, dinding dekoratif, partisi dekoratif, dan yang lainnya.

1. Pasir dan Semen

Pasir dan semen yang terdapat di dalam material ini berfungsi sebagai agregasi pembentuk beton yang merupakan bahan utama kekuatan material. Tanpa bahan ini, niscaya material ini rapuh terhadap air.

Bahan yang Membentuk GRC

2. Serat Fiber

Bahan ini digunakan untuk mengikat komponen pasir dan semen agar padu menjadi satu senyawa. Tanpa serat ini niscaya semen dan pasir akan berhamburan. Di samping itu, serat juga menyatukan berbagai komponen lainnya seperti kaca dan akrilik. Kerumitan inilah yang menyebabkan harga jual grc mengalami kenaikan setiap tahun.

Bahan yang Membentuk GRC

3. Kaca

Kaca merupakan bahan penghalus material GRFC sehingga tampak indah dan tetap menjaga estetika bangunan. Perlu diingat, bahwa bahan bangunan ini di rancang sebagai pengganti kayu di mana posisinya selalu di luar dan mudah dilihat. Oleh karena itu, unsur keindahan, layaknya keindahan pada kayu, tetap dijaga. Namun demikin, harga jual grc tetaplah lebih rendah daripada kayu.

4. Akrilik

Akrilik pada bahan ini digunakan sebagai pelindung kaca dari kerapuhan dan kehancuran akibat proses pengolahan. Akrilik adalah senyawa kimia berbahan dasar air yang berfungsi mengikat dan tetap menciptakan kehalusan di dalamnya. Dengan bahan ini, kaca sebagai bagaian komponen material GFRC tetap terjaga dari kehancuran.

Bahan yang Membentuk GRC

5. Air

Air merupakan komponen untuk mencampur seluruh bahan material ini menjadi agregat dan padu dalam satu senyawa. Karena air pula seluruh bahan ini dapat dicetak hingga membentuk pola cantik seperti yang diinginkan pelanggan. Penting dipahami, bahan GFRC banyak diaplikasikan di hunian dan bangunan lainnya untuk menciptakan efek keindahan dengan tetap menjaga kekuatan material itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *