Ternyata Inilah 5 Kelebihan Kaca Tempered yang Buat Orang Tertarik

Kelebihan Kaca Tempered

Ada banyak material bangunan yang dibutuhkan saat kita membangun atau merenovasi sebuah rumah, dan kaca menjadi salah satu jenis bahan bangunan yang dibutuhkan. Apalagi di zaman modern banyak bangunan memilih kaca sebagai pembatas ruang, kanopi, elevator, sebagai pintu door free door dan furniture. Kaca yang digunakan bukan kaca biasa, melainkan kaca tempered yang dibuat dengan proses yang cukup panjang.

Awalnya kaca ini adalah kaca biasa yang dipanaskan hingga 700 derajat celcius, kemudian didinginkan secara mendadak dengan cara menyemprotkan udara pada permukaan kaca secara merata. Melalui proses tersebut maka akan terjadilah gaya tarik dan gaya tekan, namun perubahan gaya tersebut tidak bisa kita lihat secara visual. Proses pembuatan yang cukup unik ini membuat kaca memiliki kelebihan berlipat dibanding kaca biasa. Maka tidak heran banyak orang yang tertarik menggunakannya.

5 Kelebihan Kaca Tempered dibanding Kaca Biasa

Kelebihan Kaca Tempered

 

Coba lihat di sekitar kita, ada banyak kaca tempered terpasang untuk berbagai kebutuhan rumah. Hal ini membuktikan kaca jenis ini memiliki kelebihan yang lebih banyak dibanding kaca biasa. Berikut 5 kelebihan yang akan membuat kamu berdecak kagum.

1. Memiliki fungsi lebih besar daripada kaca biasa

Kaca biasa umumnya hanya digunakan untuk jendela, pintu dan cermin di rumah. Fungsi tersebut lebih terbatas dibanding tempered yang digunakan untuk pembatas ruangan, kanopi, tangga dan lainnya yang sudah disebutkan di atas. Tidak hanya itu, furniture seperti meja biasanya juga membutuhkan kaca jenis tempered yang memiliki kekuatan lebih besar.

2. Membuat rumah lebih indah

Bentuk kaca masih bening dan transparan sama dengan jenis kaca biasa, cocok digunakan sebagai pembatas ruang yang tidak membutuhkan privasi. Dengan begitu objek yang diperlihatkan dari ruang akan tampak lebih indah karena pantulan cahaya. Bisa juga kamu aplikasikan pada tangga. Hasilnya tangga kaca akan membuat rumah tampak mewah dan elegan.

3. Lima Kali lebih kuat jika terkena benturan

Sebagian besar orang lebih memilih material lain seperti tembok dibanding menggunakan kaca, salah satu alasannya karena kaca memiliki ketahanan yang sangat lemah. Kaca yang terkena pukulan atau hentakan saja bisa langsung pecah. Namun berbeda cerita dengan kaca jenis tempered, ternyata memiliki kekuatan 5 kali lebih besar. Kaca ini bahkan digunakan untuk tangga yang mana setiap hari digunakan untuk menahan bobot manusia yang cukup berat.

4. Tahan terhadap cuaca atau perubahan suhu

Material kayu saat panas biasanya akan lebih ringan dan saat musim dingin akan lebih berat, hal ini membuat sebagian besar orang berpikir ulang untuk menggunakan material dari kayu. Untuk mengatasinya kamu bisa memilih kaca jenis tempered untuk dinding di dalam rumah, jenis kaca ini mampu bertahan dari perubahan suhu.

5. Aman digunakan

Alasan lainnya orang tidak ingin menggunakan kaca untuk material rumah adalah berbahaya, pecahan kaca bisa melukai dengan mudah tubuh kita. Namun, jangan samakan tempered dengan kaca jenis biasa. Saat pecah tempered tidak akan berbentuk runcing dan tajam, sebaliknya jika kaca tersebut pecah akan berbentuk butiran-butiran kecil yang sangat aman.

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangan dari kaca tempered ialah tidak bisa dipotong. Jika kamu potong maka kaca tersebut akan langsung hancur total, karena memiliki keterikatan satu sama lain. Jenis kaca ini juga tidak bisa dibor atau dilubangi, pastikan pembuatan lubang dilakukan sebelum tempering. Kekurangan lainnya memang kuat namun jika terjadi retakan kecil dipastikan tidak akan lama lagi kaca tersebut pecah keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *