Pasang Karpet Khawatir Jadi Pemborosan? Coba Pertimbangkan 3 Alasan Ini!

Saat ini kehadiran rumah tidak hanya dipandang sebagai hunian tempat tinggal dan berlindung saja. Perkembangan dan inovasi menjadikan rumah memiliki peran lain selain peran fungsionalnya. Salah satunya adalah peran keindahan dari dekorasi rumah. Baik dari segi struktur bangunan, interior maupun eksterior. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam memperindah rumah. Selain menggandeng kontraktor rumah yang handal, Anda juga bisa melengkapi dengan aksen dekoratif seperti wallpaper dinding, pencahayaan yang baik serta penggunaan karpet yang tepat. Namun penggunaan karpet sering kali membuat gelisah para empunya rumah. Sebabnya, karpet begitu diminati untuk mempercantik ruangan dengan harga karpet lantai yang terbilang terjangkau.

Pasang Karpet

Namun jika tidak tepat dalam penggunaannya maka akan berakibat pada pemborosan. Baik pemborosan saat pengadaan karpet maupun saat karpet membutuhkan perawatan jangka panjang. Dalam menciptakan keindahan rumah yang Anda bangun, segala halnya kembali kepada kebutuhan Anda. Kebutuhan seperti apa yang ingin Anda hadirkan serta berapa besar budget yang Anda luangkan untuk hal-hal tersebut.

Pertimbangkan Alasan Ini Jika Ingin Pasang Karpet di Rumah

Sama halnya dengan pemasangan karpet di rumah, Anda harus mengenali kebutuhan apa yang ingin Anda penuhi dari kehadiran karpet. Serta berapa besar budget yang Anda miliki untuk pengadaan karpet serta untuk menyesuaikan dengan harga karpet lantai yang ada. Anda tidak tahu apakah memasang karpet adalah pemborosan atau justru kebutuhan sebelum mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim adalah alasan besar mengapa banyak orang memasang karpet di dalam rumah. Alasannya adalah untuk menciptakan ruangan dengan kesan hangat serta memberikan sekat antara lantai dengan kaki saat berpijak demi menghindari suhu yang rendah. Rumah-rumah yang berada dalam suhu yang relatif rendah sangat membutuhkan karpet di rumahnya untuk alasan-alasan tersebut. Karpet yang dipasang bisa terbuat dari sutera, serat sintesis seperti polyprophylene atau tenun. Namun harga karpet akan berbeda sesuai dengan bahan dan ketahanannya.

Berbeda dengan rumah yang berada di daerah yang hangat cenderung panas. Penggunaan karpet dengan ketebalan yang tinggi sangat tidak disarankan sebab akan membuat suhu ruangan malah semakin meningkat. Akibatnya para penghuninya malah merasa tidak nyaman. Atau akan lebih baik jika ternyata Anda meminimkan penggunaan karpet. Memasang karpet pada daerah bersuhu hangat akan mengakibatkan pemborosan.

2. Luas Area Yang Akan Dipasang Karpet

Meski seluruh rumah dipasang lantai tidak berarti semua lantai harus ditutupi karpet. Dalam memasang karpet terdapat aturannya. Seperti karpet tidak boleh menutupi lima puluh persen dari seluruh wilayah lantai. Artinya penggunaan karpet tidak harus pada seluruh bagian rumah. Hal inilah yang menyebabkan pemborosan. Selain biaya pengadaan yang tinggi, Anda akan kewalahan dalam membersihkan karpet secara rutin dan menggantinya apabila warna karpet memudar.

Ada beberapa tempat yang memang perlu dipasang karpet. Misalnya seperti kamar tidur, ruang keluarga, meja makan dan tangga. Untuk koridor di rumah agaknya Anda tidak terlalu membutuhkannya. Koridor yang dipasang karpet biasa digunakan untuk perkantoran.

3. Pilih Bahan Yang Tepat

Setiap karpet memiliki keunggukan dan kelemahannya masing-masing. Sehingga kualitas dan harga karpet lantai pun berbeda-beda. Misalnya karpet sutera yang memiliki motif elegan serta awet namun harganya masih terbilang tinggi. Tidak cocok bila Anda tempatkan di ruangan yang intensitas pijakan kakinya tinggi. Anda bisa gunakan karpet berbahan wol atau serat alami untuk tempat yang sering dilalui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *