Kenali Lebih Dalam Perbedaan Bahan UPVC dan PVC disini!

Perbedaan Bahan UPVC dan PVC

Tahukan kamu ada banyak sekali jenis-jenis material yang ada di sekitar kita, di antaranya yang cukup populer adalah UPVC dan PVC. Bagi sebagian besar orang awam yang tidak mengenal dua bahan ini pasti menganggapnya sama, padahal dua material ini memiliki karakteristik yang sangat bertolak belakang. UPVC merupakan singkatan dari Unplasticized Polyvinyl Chloride sedangkan PVC adalah Polyvinyl Chloride. Dua jenis material tersebut sama-sama berasal dari plastik atau polimer, namun sifat-sifat plastik yang ada pada bahan UPVC sudah dihilangkan. Kegunaan antara UPVC dan PVC juga berbeda, UPVC sering digunakan untuk kusen sedangkan PVC sering digunakan untuk pipa. Adapun kualitas kusen UPVC cukup besar, maka tidak heran banyak orang yang memilih jenis kusen ini untuk melengkapi rumah mereka.

5 Perbedaan Bahan UPVC dan PVC

Perbedaan Bahan UPVC dan PVC

UPVC dan PVC merupakan material atau bahan yang memiliki nama yang sama, namun kedua bahan ini sangat berbeda. Untuk lebih detailnya kamu bisa melihat  perbedaan-perbedaan dari penjelasan detail berikut ini:

1. Bentuk PVC dan UPVC

PVC merupakan material yang dibentuk dari plastik namun sedikit dikeraskan sehingga bisa dibentuk berbagai macam barang namun tidak meninggalkan kelenturannya. Ada banyak sekali bentuk-bentuk PVC yang bisa kita temui di sekitar kita, di antaranya ada pipa, slang, meja plastik, kursi plastik, ember, tempat sampah dan masih banyak lagi barang lainnya. Sedangkan UPVC merupakan material yang dibentuk sama seperti PVC namun sudah dihilangkan plastiknya, maka lebih kokoh dan kuat dibanding dengan PVC. Adapun bentuk-bentuk PVC yang sering kita jumpai salah satunya kusen UPVC jendela dan pintu.

2. Dampak bagi lingkungan

Bahan PVC terbuat dari plastik yang membuatnya tidak mudah untuk terurai, sehingga penggunaan material ini sebaiknya dikurangi agar tidak merusak lingkungan sekitar. Adapun UPVC merupakan material yang sudah dihilangkan bahan plastic di dalamnya, maka material ini sangat ramah terhadap lingkungan tidak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih UPVC dibanding bahan lainnya. Selain itu UPVC bebas dari bahan beracun dan BPA, sehingga sangat aman terhadap kesehatan.

3. Ketahanan dan kekuatannya

Material PVC terbuat dari plastik sehingga memiliki kualitas yang lebih rendah, mudah sekali rusak jika tidak dirawat dengan baik, bahkan mudah sekali terbakar jika terkena api. Namun berbeda dengan material UPVC yang cukup tangguh dan kuat, material ini mampu bertahan dari buruknya cuaca yang ada si sekitar. UPVC mampu bertahan dari panas dan dingin cuaca, bertahan dari sinar matahari yang panas, tidak akan terjadi korosi, tidak akan terkena rayap, tidak akan mudah terbakar dan warnanya tidak akan memudar.

4. Kualitas tampilan

Pada jendela PVC banyak orang yang menerapkannya pada pintu kamar mandi, sedangkan untuk jendela UPVC banyak masyarakat yang mulai menggunakannya pada pintu-pintu utama seperti ruang tamu, ruang keluarga hingga kamar tidur.

5. Harga

Jika melihat harga kamu juga harus melihat kualitas yang ada pada PVC dan UPVC. Harga material PVC lebih terjangkau namun material ini tidak mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya untuk harga UPVC cukup mahal namun awet dan tahan lama.  Oleh sebab itu belilah antara UPVC dan PVC dengan menyesuaikan kondisi budget yang dimiliki.

Dengan mengetahui perbedaan antara UPVC dan PVC maka memudahkan kamu untuk memilih salah satu material di atas yang paling tepat. Untuk kusen sebaiknya gunakan kusen UPVC dan untuk kelengkapan barang-barang kebutuhan rumah tangga kamu bisa memilih PVC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *