Yuk Coba, Inilah 4 Tips Dekorasi Ruang Kantor dengan Konsep Open Space

Di era digital 4.0 ini sudah zamannya di mana setiap penataan ruangan dilakukan dengan terbuka atau yang disebut dengan open space. Konsep open space ini bahkan paling sering digunakan dalam ruang perkantoran, di mana sekat ruangan benar-benar sudah tidak digunakan lagi. Hadirnya konsep modern ini pada ruang kantor tentu dilakukan dengan adanya maksud dan tujuan, salah satunya yaitu untuk mempermudah para karyawan dalam menjalin interaksi serta komunikasi yang lebih efektif.

Dengan demikian sangat diharapkan konsep ruang kantor modern ini bisa membuat para karyawan untuk bisa bekerja dengan lebih efektif dan meningkat produktivitasnya. Itulah yang juga menjadi pertimbangan banyak perusahaan untuk mengubah desain ruang kantornya menjadi lebih terbuka atau yang kita sebut dengan open space.

Membayangkan konsep ruangan terbuka memang terkadang seakan mudah untuk diwujudkan, namun ternyata untuk penataannya tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat banyak sekali persiapan yang harus dilakukan jika benar-benar ingin berhasil menghadirkan konsep open space pada ruangan kantor. Mulai dari material pokok seperti kusen aluminium, jendela, pintu, hingga aksesoris ruangan seperti lukisan, lampu hias dan pajangan lainnya.

Tips Dekorasi Ruang Kantor

4 Tips Mendekorasi Ruangan Kantor Bergaya Open Space

Tidak semudah yang dibayangkan, inilah beberapa tips yang harus dilakukan untuk membuat ruang kantor bergaya open space. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Pencahayaan

Ruangan kantor bergaya open space akan membuat para karyawan berada dalam satu tempat dengan tanpa adanya sekat atau pembatas ruangan. Dengan demikian, pencahayaan yang baik sangatlah dibutuhkan mengingat ruangan terbuka yang dipenuhi banyak orang memang membutuhkan cahaya yang cukup. Adapun pencahayaan tidak selalu harus didapatkan dari lampu, untuk menambah kenyamanan maka sesekali di pagi hari bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari untuk menerangi ruangan.

Pencahayaan dari sinar matahari tersebut tentu akan masuk melalui jendela, sehingga sebaiknya hadirkanlah jenis jendela yang berkualitas dengan bahan aluminium sebagai kusennya. Material kusen dari bahan aluminium memang sangatlah disarankan karena terbukti memiliki kualitas yang sangat baik khususnya pada material kaca seperti jendela dan pintuk kaca. Untuk harga kusen aluminium biasanya dibanderol dengan sangat beragam tergantung dari banyaknya penggunaan, namun saat ini Vertuglass menjual-nya dengan harga ekonomis sehingga tak perlu khawatir untuk mengeluarkan beban biaya berlebih.

2. Pilihlah Warna yang Tepat

Berbicara terkait kusen aluminium yang penting digunakan untuk konsep open space, terdapat hal lain yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu adalah pemilihan warna. Warna selalu menjadi tolak ukur untuk menilai, menarik atau tidaknya suatu ruangan, sehingga dalam ruang kantor open space sangatlah disarankan untuk menggunakan warna yang cerah dan ceria. Dengan menggunakan warna cerah seperti biru arau hijau muda maka ruangan akan menjadi lebih hidup dan tentunya para penghuni ruangan tidak akan merasa cepat bosan saat berada di dalamnya.

3. Hadirkan Aksesoris Ruangan

ruang kantor open space

Aksesoris ruangan sangatlah berguna pada ruang kantor open space. Meskipun bukan termasuk sebagai salah satu aspek interior utama, namun kehadirannya akan sangat bermanfaat untuk menambah estetika ruangan. Selain itu aksesoris ruangan juga akan membuat karyawan tidak cepat merasa bosan. Sebagai pilihan bisa Anda bisa menghadirkan lukisan, papan quote, atau tanaman hias di setiap sudut ruangan.

4. Gunakan Furnitur yang Fungsional

Menggunakan furnitur fungsional juga sangat disarankan untuk konsep ruang terbuka ini. Pasalnya ruang terbuka akan membuat penataan interior berpusat dengan banyak orang di dalamnya. Jika terlalu banyak menggunakan furnitur atau perlengkapan kantor maka ruangan akan terlihat menjadi sempit hingga menghilangkan keserasaian antar aspek interior. Untuk meminimalisir penggunaan furnitur berlebih, maka gunakanlah jenis furnitur yang fungsional. Misalnya untuk tempat lemari penyimpanan dokumen, gunakanlah rak dinding yang fungsinya bisa juga digunakan untuk menyimpan benda lain di bagian atasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *