Ini Dia Trik Untuk Memasang Kabel Pada Steker Listrik Yang Aman

Trik Untuk Memasang Kabel Pada Steker Listrik

Sebagai penunjang kelengkapan gedung serta aktivitas para penghuni, instalasi listrik harus menjamin operasionalnya yang berfungsi dengan baik maupun keselamatan para penghuni. Tidak sedikit kerugian yang dibawa akibat kesalahan pemasangan instalasi listrik. Mulai dari korsleting, arus pendek sampai menimbulkan kebakaran. Untuk itu pemasangan instalasi listrik pada rumah, sekolah, perkantoran, rumah sakit dan pusat perbelanjaan harus dipastikan aman. Salah satu komponen arus listrik yang paling sering digunakan adalah steker. Beberapa produk steker atau colokan listrik sudah dikemas lengkap dan rapi yang dapat langsung Anda gunakan.

Cara Pasang Kabel Pada Steker Listrik

Steker atau colokan atau dikenal pula dengan konektor daya, meski tersedia dalam satuan yang sudah terpasang lengkap, kerap kali orang-orang merangkai sendiri kabel ke kepala konektor daya alat dan bahan terpisah. Pada dasarnya tidak ada perubahan antara konektor daya yang dipabriksasi maupun rangkaian sendiri. Keduanya mampu menjalankan fungsi sebagai penyambung daya dari sumber ke setiap perangkat elektronika seperti televisi, kipas angin, AC atau charger handphone. Hanya saja Anda harus benar-benar memastikan bahwa dalam proses pemasangan telah mengikuti aturan sehingga standar aman tetap terjaga.

Jika Anda berencana untuk merangkai sendiri kabel pada staker listrik ikuti langkah-langkah pemasangan kabel pada konektor daya berikut ini.

1. Siapkan Alat Dan Bahan

Beberapa alat dan bahan yang harus Anda siapkan adalah kabel sesuai panjang yang dibutuhkan, obeng, tang potong serta steker. Terdapat beberapa pilihan konektor daya yang dapat Anda gunakan seperti konektor pipih dan bulat. Secara garis besar cara pemasangannya pun sama.

2. Potong Kabel Dan Kupas

Pertama ukurlah seberapa panjang kabel yang dibutuhkan kemudian potong menggunakan tang potong atau jika Anda hanya hendak mengganti bagian steker listrik Anda bisa lewatkan bagian ini. Kemudian kupas ujung kabel dengan ukuran satu hingga dua sentimeter menggunakan tang potong. Anda tidak perlu benar-benar memotongnya, cukup sampai lapisan kabel yang luar dapat dilepas sehingga menyisak serat kabel listrik . Beberapa orang menggunakan cara mudah dengan menggunakan korek api, namun jika Anda terlalu khawatir akan berbahaya menggunakan tang potong saja sudah cukup.

3. Buka Body Steker Dan Masukkan Kabel

Putar baut pada body konektor daya menggunakan obeng hingga terlepas dan bagiannya terbuka. Biasanya Anda akan membutuhkan obeng plus untuk pemasangan konektor daya. Setelah itu Anda akan melihat dua jalur yang akan dilalui oleh masing-masing serat kabel. Masukkan kabel ke arah pengapit konektor pada area pangkal. Setelah itu sambungkan masing-masing serat ke kaki konektor.

Untuk steker listrik berbentuk pipih Anda cukup memasang serat kabel dengan cara melilitkannya saja ke tembaga penghubung yang ada di masing-masing kaki konektor. Sementara untuk konektor daya berbentuk bulat Anda harus mengendurkan kedua baut agar kawat kabel dapat masuk kemudian jepit dengan cara memasang baut hingga kencang.

4. Tutup Body Steker Listrik

Usai memastikan kawat listrik terpasang pada masing-masing kaki konektor kini Anda dapat menutup body konektor kembali menggunakan baut dan obeng. Pastikan bagian kabel tidak ada yang terbuka sebelum Anda menutup badan konektor dengan rapat. Kini konektor daya Anda sudah siap digunakan.

Penting untuk diingat bahwa konektor daya harus dipastikan dalam keadaan tercabut jika alat elektornik sedang tidak terpakai. Terutama untuk sejumlah alat elektronik yang tidak dilengkapi dengan power button seperti setrika. Dan bagi Anda yang masih memiliki balita simpan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *